Sabtu, 12 November 2011

mysql_query & mysql_fetch_array

mysql_query() adalah fungsi yang mengirimkan perintah SDL ke database yang kita masuki, sebagaimana layaknya bila kita memasukkan perintah MySQL langsung dari mesin server.

mysql_fetch_array() adalah fungsi yang memberikan hasil array dari data yang kita contohnya :
array mysql_fetch_array ($result);

dengan kata lain mysql_fetch_array digunakan untuk membaca hasil dari query, dengan mengambil sebaris record dari hasil query dan menyimpannya dalam sebuah variabel array. dan fungsi tadi akan menghasilkan sebuah variabel array jika masih ada record yang tersedia, dan akan menghasilkan nilai FALSE jika tidak ada lagi record yang tersisa.

Misalnya kita mempunyai tabel sebagai berikut:
dengan fungsi mysql_fetch_array akan menghasilkan sebuah variabel array: $hasil[0] = 18, $hasil["Angkatan"] = 18, $hasil[1] = Danang, $hasil["Ketua"] = Danang, $hasil[2] = 60, dan $hasil["Anggota"] = 60

Jika ingin membaca seluruh baris record, ada beberapa cara yang bisa dilakukan.
Cara pertama adalah dengan mendapatkan banyaknya record lalu melakukan looping sebanyak itu untuk mengambil nilai setiap recordnya.
Contoh:



Cara kedua adalah dengan mengambil nilai setiap recordnya sampai tidak ada lagi record yang tersisa.
Contoh:

Setelah variabel array yang berisi sebaris data didapatkan, selanjutnya kita perlu untuk memproses data-data yang ada. Untuk melakukannya, kita hanya perlu untuk menggunakan nilai-nilai yang ada di elemen array tadi.

contoh :

Pada contoh di atas, untuk setiap looping nya, kita akan mendapatkan nilai untuk variabel $angkatan, $ketua dan $anggota yang didapatkan dari array $barisData. Sekarang hanya tinggal bagaimana cara kita untuk menampilkan data-data tersebut. Misalnya ingin ditampilkan dalam sebuah tabel HTML


Tidak ada komentar:

Posting Komentar